Cara Mematikan Update Windows 10

Cara mematikan auto update windows 10 sangat mudah, kamu bisa menonaktifkan update otomatis di windows 10 permanen lewat regedit dan cmd.

Update otomatis Windows 10 memang sangat mengganggu karena sering melakukan pembaharuan secara otomatis. Namun, kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan cara mematikan update windows 10 permanen.

Seperti yang diketahui, Windows 10 memang memiliki fitur update otomatis yang akan meningkatkan kinerja windows 10. Meski begitu, fitur update dari windows ini biasanya tidak sesuai dengan aplikasi dan fitur yang ada di PC ataupun laptop.

Hal tersebut dapat menyebabkan aplikasi dan beberapa fitur yang telah diupdate tidak dapat digunakan secara maksimal. Dengan mematikan update windows 10, kita bisa menghindari malfungsi pada aplikasi dan fitur pada PC.

Berbeda dengan versi windows lainnya, cara menonaktifkan auto update di windows 10 akan lebih rumit. Pasalnya, fitur update otomatis ini biasanya akan berjalan secara otomatis jika update sudah tersedia.

Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen

Terdapat berbagai macam cara mematikan fitur auto update windows 10 permanen, mulai dari lewat CMD, gpedit, regedit hingga memanfaatkan fitur Metered Connection.

Setiap seri windows 10 sebenarnya sudah memiliki fitur Metered Connection yang berfungsi untuk membatasi penggunaan data internet dari setiap aplikasi ataupun fitur auto update windows.

Lantas bagaimana cara mematikan update windows 10? Silahkan simak informasi lengkapnya dan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Dengan CMD

Cara Mematikan Update Windows 10 dengan CMD

Cara mengatasi agar windows 10 tidak update otomatis yaitu dengan memasukkan beberapa perintah pada command prompt (CMD). Melalui CMD, kamu bisa menonaktifkan auto update windows 10 secara permanen.

Berikut cara mematikan windows 10 permanen dengan cmd:

  1. Pertama, klik tombol Start, lalu ketikkan CMD.
  2. Klik kanan pada CMD lalu pilih opsi Run as Administrator.
  3. Setelah CMD terbuka, ketikkan perintah takeown /f “%windir%\System32\UsoClient.exe” /a lalu tekan tombol Enter pada keyboard.
  4. Selanjutnya, ketikkan perintah icacls “%windir%\System32\UsoClient.exe” /inheritance:r /remove “Administrators” “Authenticated Users” “Users” “System” lalu tekan tombol Enter lagi.
  5. Selesai.

Setelah mengikuti cara di atas, sebaiknya restart laptop ataupun PC kamu agar fitur auto update windows 10 berhasil dimatikan secara permanen. Jika terdapat update terbaru windows, maka komputer atau laptop tidak akan melakukan pembaruan secara otomatis.

Gpedit msc

Cara Menonaktifkan Update Otomatis Windows 10 Permanen

Bagi kamu yang ingin menonaktifkan update otomatis pada windows 10 Enterprise, Education, dan Professional, maka cara kedua ini bisa menjadi pilihan terbaik. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mematikan fitur auto update lewat Local Group Policy Editor atau gpedit.msc.

Berikut cara menonaktifkan auto update windows 10 lewat gpedit.msc:

  1. Pertama, klik tombol Windows + R pada keyboard secara bersamaan.
  2. Ketikkan gpedit.msc lalu tekan Enter.
  3. Pada bagian kanan Local Computer Policy, silahkan klik folder Computer ConfigurationAdministrative TemplatesWindows ComponentsWindows Update seperti pada gambar di atas.
  4. Pada folder Windows Update, silahkan cari dan klik dua kali opsi Configure Automatic Updates.
  5. Selanjutnya, silahkan pilih opsi Disabled untuk mematikan fitur auto update lalu klik tombol Apply.
  6. Terakhir, klik tombol OK.

Setelah mengikuti langkah di atas, windows 10 tidak akan lagi melakukan update otomatis. Jika ingin mengaktifkannya kembali, silahkan ikuti cara di atas lalu pilih opsi Not Configured.

Membatasi Koneksi

Cara Menghentikan Update Windows 10

Update windows biasanya memiliki ukuran yang cukup besar tergantung penambahan fitur yang ada sehingga menyebabkan kuota cepat habis. Dengan adanya fitur Metered Connection, kamu bisa menonaktifkan update otomatis dari windows 10.

Berikut cara mematikan update otomatis windows 10 permanen:

  1. Pertama, silahkan hubungkan laptop ataupun PC kamu ke jaringan WiFi.
  2. Buka menu Setting atau Pengaturan windows 10 dengan cara klik tombol Windows pada keyboard lalu klik ikon gerigi yang ada di start menu.
  3. Pilih Network & Internet lalu klik menu WiFi.
  4. Klik nama jaringan WiFi yang terhubung dengan laptop ataupun PC kamu.
  5. Gulir ke bawah lalu klik opsi Set as Metered Connection.
  6. Selesai.

Bagi kamu yang menggunakan paket data (kuota), cara ketiga ini sangat berguna agar kuota internet kamu tidak terkuras habis. Dengan adanya fitur Metered Connection, maka windows 10 tidak akan mengupdate secara otomatis jika tersedia pembaharuan sekalipun.

Lewat Regedit

Cara Menonaktifkan Auto Update Windows 10

Cara menghentikan update otomatis dari windows 10 selanjutnya yaitu dengan melakukan perubahan melalui registry (regedit). Silahkan simak langkah-langkahnya dengan teliti karena cara keempat ini akan sedikit lebih rumit.

Berikut cara mematikan update windows 10 lewat regedit:

  1. Pertama, tekan tombol Windows + R pada keyboard secara bersamaan.
  2. Ketikkan regedit → tekan tombol Enter lalu pilih Yes.
  3. Pada bagian kanan, silahkan klik folder regedit HKEY_LOCAL_MACHINE → SOFTWARE → Policies → Microsoft → Windows (Agar folder terbuka, silahkan klik ikon > yang ada dibagian samping nama folder).
  4. Klik kanan folder Windows lalu pilih opsi New Key → beri nama WindowsUpdate lalu tekan Enter.
  5. Selanjutnya, klik kanan folder WindowsUpdate lalu pilih opsi New → Key → beri nama key dengan AU → tekan Enter.
  6. Klik folder UA tersebut.
  7. Selanjutnya, klik kanan pada area kosong di dalam folder UA lalu pilih New → DWORD (32-bit) Value (seperti pada gambar di atas).
  8. Berikan nama NoAutoUpdate lalu tekan Enter.
  9. Klik dua kali NoAutoUpdate yang sudah kita buat tadi, lalu ubah nilai value dari 0 menjadi 1.
  10. Klik OK untuk menyimpan perubahan.
  11. Terakhir, restart laptop atau PC kamu.

Setelah mengikuti langkah diatas, fitur auto update windows 10 sudah berhasil dinonaktifkan secara permanen. Jika ingin mengaktifkannya kembali, silahkan ubah value NoAutoUpdate menjadi 0.

Cara Membatalkan Windows Update Secara Paksa

cara membatalkan windows update yang sedang berjalan

Cara di atas memang bisa mematikan update windows 10. Namun yang jadi pertanyaan, bagaimana cara membatalkan windows update yang sedang berjalan?

Jangan khawatir, kamu juga bisa memaksa Windows Update untuk berhenti men-download updates.

Berikut cara membatalkan windows 10 update yang sedang berjalan:

  1. Pertama, pastikan windows update sedang berjalan di komputer atau laptop kamu.
  2. Klik kanan pada Taskbar lalu pilih opsi Task Manager.
  3. Setelah Task Manager terbuka, silahkan klik tab Services.
  4. Pada tab Services, silahkan cari nama wuauserv dengan deskripsi Windows Update.
  5. Klik kanan pada service update tersebut, lalu pilih Stop.
  6. Selesai, kamu sudah berhasil membatalkan update windows secara paksa.

Perlu diketahui, cara di atas hanya menghentikan windows update yang sedang berjalan saja. Ketika sudah dihentikan, maka akan muncul tombol retry, itu artinya proses download update windows 10 gagal.

Meski begitu, kita bisa melanjutkan proses update windows dengan mengklik tombol Retry. Ketika retry diklik, kita tidak perlu lagi mengulang proses download dari awal.

Demikian informasi mengenai cara mematikan update windows 10 secara permanen. Silahkan pilih cara yang menurut kamu paling efektif, apakah dengan cmd, gpedit msc, pembatasan koneksi ataupun lewat regedit.

David

Media khusus yang membahas gadget dalam bahasa Indonesia. Mau produknya dibahas di website ini? Silakan hubungi admin@gadgetin.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *