Cara Mematikan Windows Defender

Cara mematikan windows defender sangat mudah, kamu bisa menonaktifkan windows defender di windows 7, 8 dan 10 secara permanen / sementara.

Mau mematikan windows defender tapi tidak tau caranya? Jangan khawatir. Pasalnya, kamu bisa menonaktifkan windows defender secara permanen / sementara di laptop / pc windows 7, 8 dan 10.

Windows defender merupakan software antivirus bawaan Windows 8 dan 10. Namun untuk windows 7, kita harus mengunduh dan menginstallnya secara manual.

Dengan adanya windows defender, kita bisa mengamankan laptop dan komputer dari trojan, virus hingga malware. Ketika hendak menginstal aplikasi, terkadang file yang dianggap virus oleh windows defender akan terhapus secara otomatis.

Oleh sebab itu, ada sebagian pengguna yang ingin menonaktifkan Windows Defender. Namun, aplikasi Windows Defender tidak bisa dihapus. Pasalnya, kita hanya bisa menonaktifkannya, baik secara permanen ataupun sementara.

Metode yang bisa dilakukan yaitu mematikannya melalui menu Pengaturan Security Windows, Registry Editor, Services. Namun, cara menonaktifkannya di windows 8 dan 10 akan sedikit berbeda dibanding windows 7.

Cara Mematikan Windows Defender Sementara

Cara Mematikan Windows Defender Sementara

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, Windows Defender biasanya akan menghapus file yang dianggap berbahaya, baik virus, malware, ataupun trojan.

Jadi, kita perlu mematikan windows defender sementara agar aplikasi bisa terpasang. Cara pertama ini juga sangat efektif, karena kita bisa mengaktifkannya kembali.

Selain itu, kita tidak perlu menginstal aplikasi tambahan apapun karena pada windows 8 dan 10 sudah tersedia fitur untuk menonaktifkan Windows Defender.

Berikut cara mematikan windows defender:

  1. Pertama, buka aplikasi Windows Defender dengan cara klik Start lalu ketikkan Windows Defender atau Windows Security.
  2. Setelah terbuka, klik opsi Virus & threat protection.
  3. Selanjutnya, silahkan klik Manage Settings pada bagian Virus & threat protection settings.
  4. Untuk menonaktifkannya, silahkan klik toggle pada opsi Real-time protection hingga berubah menjadi Off.
  5. Selesai.

Setelah mengikuti panduan di atas, kamu sudah berhasil mematikan windows defender sementara. Pada contoh di atas, saya menggunakan windows 10 terbaru.

Jadi, contoh gambar di atas mungkin akan sedikit berbeda jika kamu menggunakan windows 8 ataupun 7. Jika ingin menghidupkannya kembali, silahkan klik toggle Real-time protection hingga berubah menjadi On.

Cara Menonaktifkan Windows Defender Permanen

Bagi yang ingin menonaktifkan Windows Defender permanen, maka cara di bawah ini bisa menjadi pilihan terbaik. Pasalnya, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu dengan atau tanpa aplikasi tambahan.

Caranya, kita hanya perlu melakukan perubahan lewat pengaturan regedit, Services.msc, local group policy (gpedit.msc), hingga dengan aplikasi defender control.

1. Registry Editor (Regedit)

Cara Menonaktifkan Antivirus Windows 10

Cara ini mungkin akan sedikit lebih rumit, namun terbukti ampuh untuk disable windows defender agar aplikasi yang ingin dipasang tidak diblokir.

Perlu diketahui, Registry Editor (Regedit) merupakan pusat database yang mengandung konfigurasi dari sistem windows. Dengan adanya fitur ini, kita bisa mematikan Windows Defender.

Berikut cara mematikan windows defender lewat regedit:

  1. Pertama, tekan tombol Windows Windows + R pada keyboard secara bersamaan.
  2. Ketikkan regedit, tekan tombol Enter lalu pilih Yes.
  3. Setelah regedit terbuka, silahkan pergi ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows Defender (Agar folder terbuka, klik ikon > yang ada disamping nama folder).
  4. Klik kanan pada folder Windows Defender, pilih New lalu klik opsi DWORD (32-bit) value.
  5. Beri nama DisableAntiSpyware pada key tersebut lalu tekan tombol Enter.
  6. Selanjutnya, klik dua kali pada DisableAntiSpyware yang sudah dibuat tadi, ubah opsi value data dari menjadi 1, lalu klik OK.
  7. Selesai.

Setelah mengikuti cara di atas, silahkan restart laptop atau PC lalu cek apakah windows defender sudah berhasil dinonaktifkan atau belum. Jika ingin mengaktifkannya kembali, silahkan hapus key DisableAntiSpyware.

2. Melalui Services msc

Cara Mematikan Windows Defender Ppermanen Win 10

Selain lewat regedit, kita juga bisa menonaktifkan windows defender secara permanen. Caranya, cukup buka pengaturan Services pada windows 10 lalu ubah opsinya menjadi disable.

Berikut cara menonaktifkan windows defender permanen:

  1. Pertama, tekan tombol Windows + R pada keyboard secara bersamaan.
  2. Ketikkan services.msc lalu tekan tombol Enter.
  3. Setelah terbuka, silahkan cari dan klik dua kali opsi Windows Defender.
  4. Pada tab General, ubah opsi Startup type menjadi Disable.
  5. Klik tombol apply lalu OK untuk menerapkan perubahan.
  6. Terakhir, silahkan restart laptop atau PC kamu.
  7. Selesai.

Jika ingin mengaktifkan kembali Windows Defender, silahkan ikuti langkah di atas lalu ubah opsi Startup type menjadi Automatic.

Dengan mengikuti langkah di atas, kita bisa mematikan Windows Defender, baik secara permanen ataupun sementara. Namun, ada baiknya kamu tetap menggunakan software antivirus agar laptop / PC tetap aman.

3. Lewat Local Group Policy

Cara Mematikan Windows Defender Windows 10

Windows 10 sebenarnya sudah tersedia local group policy yang bisa digunakan untuk membuat, melihat dan menonaktifkan fitur bawaan. Dengan adanya fitur tersebut, kita bisa mematikan windows defender secara permanen.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, tekan tombol Windows+R pada keyboard secara bersamaan
  2. Ketikkan Ketika gpedit.msc lalu tekan Enter.
  3. Setelah terbuka, klik Computer ConfigurationAdministrative TemplatesWindows ComponentsWindows Defender Antivirus.
  4. Gulir ke bawah lalu cari opsi Turn Off Windows Defender Antivirus.
  5. Klik dua kali opsi tersebut lalu pilih opsi Enable agar antivirus bawaan windows bisa di non-aktif.
  6. Jika sudah, klik OK untuk menerapkan perubahannya.
  7. Restart laptop atau pc kamu.
  8. Terakhir, cek kembali apakah antivirus bawaan windows 10 sudah dimatikan permanen atau belum.

Meskipun cara di atas bisa digunakan untuk menonaktifkan antivirus bawaan. Namun, opsi Turn Off Windows Defender Antivirus tidak tersedia pada windows 10 seri 20H2. Jadi, silahkan coba cara selanjutnya.

Defender Control

Mematikan Windows Defender Windows 10

Jika cara di atas tidak berhasil, kamu bisa coba mematikan windows defender dengan bantuan aplikasi tambahan. Defender Control merupakan aplikasi yang memiliki fitur untuk mematikan/mengaktifkan windows defender di semua versi, baik windows 8, 7 maupun 10.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, silahkan unduh dan instal aplikasi Defender Control di laptop atau PC kamu.
  2. Buka aplikasi tersebut.
  3. Jika fitur Windows Defender masih aktif, maka akan terdapat tulisan Windows Defender is running. Kemudian untuk cara mematikannya, silahkan klik opsi Disable Windows Defender.
  4. Setelah itu, antivirus bawaan tersebut akan dinonaktifkan secara otomatis.
  5. Selesai.
  6. Jika ingin dinyalakan lagi, klik tombol “Enable Windows Defender”. Mudah sekali bukan?

Jika ingin mengaktifkannya kembali, silahkan buka kembali aplikasi Defender Control lalu klik opsi Enable Windows Defender.

Demikian informasi mengenai cara mematikan windows defender di windows 10, 8, dan 7 secara permanen / sementara. Silahkan pilih cara yang menurut kamu paling efektif, apakah melalui Pengaturan Security Windows, Registry Editor, Services atau aplikasi Defender Control.