Cara Mengatasi Corel Draw Tidak Bisa Save dan Print

CorelDRAW error? Berikut cara mengatasi corel draw x7 yang tidak bisa save, print, export, dll. Yuk simak cara memperbaikinya.

Pernahkah kamu mengalami aplikasi corel draw tidak bisa digunakan untuk menyimpan file? Jika iya, maka cara mengatasi corel draw tidak bisa save, print, copy, paste, export dll di aplikasi corel draw x4, x5, x6, x7, dan x8 bisa menjadi solusi untuk memperbaik corel draw yang error.

Pasti sangat menjengkelkan jika aplikasi corel draw tidak bisa save, print, copy, dan paste. Pasalnya, save dan print merupakan fungsi yang paling penting dan sangat dibutuhkan ketika melakukan editing di corel draw.

Umumnya, aplikasi corel draw bermasalah tersebut ditandai dengan menu yang biasanya terlihat berwarna berubah menjadi warna abu-abu dan dan tidak bisa diklik maupun digunakan. Hal ini bisa saja terjadi disemua versi corel draw mulai dari corel draw x4, x5, x6, x7, hingga x8.

Cara Mengatasi Coreldraw X7 Tidak Bisa Save

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan secara lengkap mengenai bagaimana cara mengatasi corel draw tidak bisa save, print, hingga export di corel draw versi x4, x5, x6, x7, dan x8.

Cara di bawah ini terbukti sangat ampuh, namun ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu penyebab aplikasi corel draw error yang tidak bisa save.

Penyebab Corel Draw Tidak Bisa Save

Penyebab pertama corel draw error biasanya disebabkan lisensi yang sudah kadaluarsa. Pada saat pertama kali menginstal corel draw, kita akan diberi masa trial atau percobaan selama 30 hari.

Jika masa trial corel draw habis, maka aplikasi corel draw tidak bisa digunakan untuk save dan print.

Penyebab kedua yaitu penggunaan file ilegal seperti crack lisensi corel draw. Seperti yang diketahui, ada banyak software ilegal yang bisa memperpanjang lisense corel draw tanpa serial number.

Hal ini bisa menyebabkan file aplikasi corel draw error dan tidak bisa digunakan untuk save.

Masalah error corel draw tidak bisa save ini biasanya terjadi pada pengguna corel draw versi x7. Namun, masalah error tersebut bisa terjadi disemua versi corel draw yang lisensinya sudah kadaluarsa.

Sebenarnya, cara mengatasi corel draw tidak bisa save dan print sangat mudah yaitu kamu hanya perlu membeli software CorelDraw yang asli dan memasukkan serial number pada saat proses instalasi.

Namun, harga software dan serial number corel draw terbilang cukup mahal. Nah, dengan melakukan sedikit trik ini, kamu bisa mengaktifkan kembali fungsi save dan print di corel draw.

Cara Mengatasi Corel Draw Tidak Bisa Save

Cara Memperbaiki Corel Draw Error

Cara mengatasi corel draw yang error yaitu dengan bantuan beberapa kode script. Dengan kode script di bawah ini, fitur save dan print di aplikasi corel draw bisa digunakan kembali. Caranya, kamu hanya perlu membuka aplikasi browser di laptop atau PC Windows.

Berikut cara mengatasi corel draw tidak bisa save:

  1. Pertama, silahkan download file PSI_Key_2.dll melalui tautan berikut.
  2. Matikan koneksi internet.
  3. Tutup aplikasi corel draw yang terbuka di laptop atau PC.
  4. Ekstrak file tersebut.
  5. Salin file PSI_Key_2.dll ke lokasi folder instalasi corel draw, C:\Program Files\Common Files\Protexis\License Service\
  6. Selesai, kini kamu sudah berhasil mengatasi corel yang tidak bisa save.

Bagaimana mudah bukan? Cara di atas terbukti sangat ampuh mengatasi error pada corel draw. Setelah mengikuti cara di atas, aplikasi corel draw yang tidak bisa save tadi kini bisa digunakan kembali.

Sementara itu, pastikan apakah lisensi corel draw sudah aktif atau belum. Caranya, silahkan tekan tombol Windows + R secara bersamaan, ketikkan Services.msc lalu tekan tombol Enter.

Setelah itu, cari program dengan nama Protexis Licensing, lalu pastikan program tersebut sudah dalam status running atau started. Jika program Protexis Licensing sudah aktif, itu artinya corel draw yang tidak bisa save, print, import, dan export bisa digunakan kembali.

Cara Mengatasi CorelDraw Tidak Bisa Save dengan Aktivasi

Corel draw masih tidak bisa save? silahkan coba cara di bawah ini. Cara selanjutnya yaitu dengan bantuan software tambahan untuk aktivasi corel draw. Dengan adanya software ini, kamu bisa mengatasi corel draw yang tidak bisa save, print dan exprot.

Selain itu, cara di bawah ini juga bisa dilakukan disemua versi corel draw mulai dari corel x4, x5, x6, x7, dan x8. Sebelum memulai cara di bawah ini, pastikan kamu sudah menonaktfikan antivirus yang terpasang di laptop atau PC Windows.

Berikut cara mengatasi coreldraw tidak bisa save dan print:

  1. Pertama, silahkan unduh aktivator corel draw melalui tautan berikut.
  2. Ekstrak file tersebut.
  3. Buka aplikasi coreldraw.
  4. Klik profil yang ada di pojok kanan atas layar, seperti pada gambar.
Aktivasi CorelDraw
  1. Pilih Already Purchased lalu pilih Enter Serial Number.
Cara Mengatasi Corel Draw X7 Tidak Bisa Save
  1. Buka aplikasi aktivator atau keygen yang sudah kamu ekstrak tadi.
  2. Pada bagian Select a product, pilih seri CorelDraw yang kamu gunakan. Di sini saya memilih CorelDRAW Graphics Suite X7.
  3. Salin serial number ke aplikasi corel draw lalu klik Activate Offline.
  4. Tunggu beberapa saat.
  5. Salin Installation Code di aplikasi coreldraw.
  6. Masukkan Installation Code corel draw ke aplikasi aktivator tadi.
Keygen CorelDRAW
  1. Klik tombol Generate Activation Code lalu salin kode yang dihasilkan tersebut ke aplikasi corel draw.
  2. Klik tombol Continue.
  3. Selesai.

Setelah mengikuti cara di atas, corel draw akan menampilkan keterangan complete seperti gambar di bawah, itu artinya kamu sudah berhasil melakukan aktivasi sehingga semua fitur coreldraw sudah bisa digunakan.

Cara Aktivasi Corel Draw

Demikian informasi mengenai cara mengatasi corel draw yang tidak bisa save, print, export, dll. Cara di atas juga bisa kamu lakukan pada aplikasi corel draw versi lainnya seperti versi x4, x5, x6, x7, dan x8. Jangan lupa baca artikel mengenai komputer lainnya hanya di GadgetIn.