Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected

Cara mengatasi flashdisk write protected sangat mudah, kamu bisa memperbaiki USB flashdisk yang rusak, error atau tidak bisa format dengan cmd.

Mau memperbaiki flashdisk write protected tapi tidak tau caranya? Jangan khawatir. Pasalnya, kamu bisa mengatasi USB flashdisk yang error, rusak ataupun tidak bisa di format lewat CMD dengan dan tanpa aplikasi tambahan di windows 7, 8 dan 10.

Memang sangat menjengkelkan ketika flashdisk tidak bisa digunakan dan muncul pesan error write protected. Pasalnya, kita tidak bisa mengakases file apapun yang ada di dalam flashdisk tersebut.

Flashdisk yang terkena error write protected biasanya tidak bisa digunakan untuk menghapus, menambahkan data hingga tidak bisa di format.

Meski begitu, ada beberapa cara memperbaiki masalah pada flashdisk yang tiba-tiba muncul pesan error write protected.

Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected

Terdapat banyak cara memperbaiki error write protected pada usb flashdisk kamu, mulai dari tanpa aplikasi, lewat cmd, regedit, hingga menggunakan aplikasi tambahan seperti Low Level Format.

Hal ini juga berlaku bagi pengguna komputer ataupun dengan sistem operasi windows 7, 8 ataupun 10. Selain itu, terdapat juga cara format flashdisk tersebut agar bisa digunakan kembali.

1. Memperbaiki Flashdisk Write Protected Lewat Regedit

Cara Memperbaiki Flashdisk Write Protected Lewat Regedit

Regedit (Registry Windows) adalah pusat database untuk melakukan konfigurasi pada aplikasi. Melalui regedit, kamu bisa memperbaiki flashdisk yang error write protected.

Cara pertama ini cukup umum digunakan karena sudah terbukti ampuh mengatasi mengatasi flashdisk yang terkena write protected.

Berikut cara memperbaiki flashdisk write protected lewat regedit:

  1. Pertama, silahkan hubungkan flashdisk ke komputer atau laptop kamu lewat slot USB
  2. Tekan tombol Windows + R secara bersamaan > ketikkan regedit lalu tekan tombol Enter.
  3. Masuk ke folder HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\Currentcontrolset\Control\StorageDevicePolicies.
  4. Jika folder Storage Device Policies tidak ada, kamu bisa membuatnya secara manual. Caranya, klik kanan pada folder Control > klik opsi New > Key.
  5. Ganti nama folder yang telah dibuat tersebut menjadi StorageDevicePolicies.
  6. Klik kanan folder StorageDevicePolicies lalu pilih New > DWORD (32-bit) Value.
  7. Ganti nama New Value #1 DWORD tersebut menjadi WriteProtect.
  8. Double klik WriteProtect lalu ubah value menjadi 0.
  9. Terakhir, silahkan restart laptop atau komputer kamu.

Setelah mengikuti cara di atas, silahkan periksa apakah error write protected sudah berhasil teratasi atau belum. Jika belum, silahkan cabut flashdisk tersebut lalu sambungkan kembali ke laptop atau komputer lalu periksa.

2. Mengatasi Flashdisk Write Protected dengan CMD

Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected Dengan CMD

Meskipun error write protected pada flashdisk sangat menjengkelkan, akan tetapi kamu bisa mengatasi masalah tersebut lewat CMD. Pasalnya, cara kedua ini juga terbukti ampuh menghilangkan pesan error write protected pada flashdisk.

  1. Pertama, pastikan flashdisk sudah terhubung ke komputer atau laptop.
  2. Tekan tombol Start (Windows) lalu ketikkan CMD.
  3. Klik kanan lalu pilih Run as administrator.
  4. Pada jendela CMD, ketikkan diskpart lalu tekan tombol Enter.
  5. Ketik list disk lalu tekan tombol Enter.
  6. Selanjutnya, kamu akan melihat daftar disk yang terhubung ke PC / laptop.
  7. Cari disk yang sesuai dengan flashdisk kamu melalui kapasitas / size. Contohnya flashdisk kamu ditandai sebagai disk 1, maka ketik select disk 1 lalu tekan tombol Enter.
  8. Langkah selanjutnya, ketik attribute disk clear readonly lalu tekan tombol Enter.
  9. Ketik clean lalu tekan tombol Enter.
  10. Ketik create partition primary lalu tekan tombol Enter.
  11. Ketik format fs=fat32 lalu tekan tombol Enter.

Meskipun cara di atas sedikit rumit, akan tetapi bisa mengatasi flashdisk yang error write protected.

Cara di atas terlalu susah diikuti? Jangan khawatir. terdapat juga cara yang lebih mudah yaitu dengan bantuan aplikasi tambahan.

3. Atasi Flashdisk Write Protected Dengan Aplikasi

Cara Memperbaiki Flashdisk Write Protected dengan Software

Low Level Format adalah salah satu software yang terbukti ampuh memperbaiki flashdisk yang error write protected. Cara menggunakannya juga sangat mudah, cukup hubungkan flashdisk kamu ke slot USB di PC atau laptop Windows.

Salah satu kelebihan aplikasi Low Level Format yaitu bisa digunakan untuk semua sistem operasi, baik itu Windows 7, 8 ataupun 10.

Catatan: Cara di bawah ini bertujuan untuk memformat flashdisk, jadi pastikan untuk mengikuti cara di atas terlebih dahulu karena ketika flashdisk tersebut di format maka semua data akan terhapus.

Berikut cara mengatasi USB flashdisk write protected dengan software:

  1. Pertama, silahkan download dan install software Low Level Format.
  2. Hubungkan flashdisk ke komputer atau laptop.
  3. Buka aplikasi Low Level Format.
  4. Pilih disk dari flashdisk yang ingin di format (pastikan disk-nya sesuai agar tidak salah format).
  5. Selanjutnya, klik klik tombol Format This Device.
  6. Tunggu sampai proses format selesai.

4. Format Flashdisk Write Protected

Meskipun flashdisk yang mengalami error write protected tidak bisa digunakan, baik untuk menambahkan, menghapus data, atau bahkan di format. Namun, ada beberapa kasus dimana flashdisk yang bermasalah tersebut bisa di format seperti biasa.

Jika beberapa cara di atas masih belum berhasil, silahkan format flashdisk tersebut berkali-kali. Apabila beruntung, flashdisk tersebut bisa digunakan kembali.

Namun, semua data seperti foto, file, dokumen, ataupun film yang ada di dalam flashdisk tersebut akan terhapus dan tidak bisa dipulihkan.

Dengan mengikuti beberapa cara di atas, kamu bisa mengatasi flashdisk write protected. Silahkan pilih cara yang menurut kamu paling efektif, apakah lewat cmd, regedit, atau dengan bantuan aplikasi tambahan.

Namun pastikan, pilih disk yang sesuai dengan flashdisk kamu agar tidak salah format. Jangan lupa baca artikel seputar permasalahan PC lainnya hanya di GadgetIn.