Cara Menghapus Cache di Laptop & PC Windows

Cara menghapus cache di windows sangat mudah, kamu bisa membersihkan dan hapus file cache (sampah) di Windows 7, 8, 10 agar laptop atau PC tidak lemot.

Mau menghapus cache di Windows tapi tidak tau caranya? Jangan khawatir. Pasalnya, kamu bisa membersihkan file cache atau sampah di laptop dan PC yang menggunakan Windows 10, 8, 8.1, 7 dengan atau tanpa aplikasi tambahan.

Perlu diketahui, file cache adalah sekumpulan data yang tersimpan di perangkat. Sebenarnya dengan adanya file cache dapat meningkatkan kecepatan komputer atau laptop saat membuka dan menggunakan aplikasi Windows.

Namun, jika file cache windows sudah menumpuk juga dapat membuat komputer atau laptop menjadi lemot. File cache biasanya tersimpan di partisi harddisk yang berisi sistem Windows.

Apa Itu Cache?

Cache merupakan sekumpulan data yang tidak permanen dan dapat dihapus kapan saja. Mudahnya, ketika kamu membuka suatu aplikasi di laptop atau PC, maka windows akan secara otomatis membuat file cache atau data sementara.

Hal tersebut bertujuan agar laptop atau PC lebih cepat ketika kamu membuka kembali aplikasi tersebut. Namun, semakin banyak file cache yang tersimpan dapat mengakibatkan kinerja laptop atau komputer semakin lemot.

Oleh sebab itu, kamu perlu membersihkan file cache windows secara berkala agar laptop atau PC tidak lemot. Hal ini juga berlaku untuk Windows 10, 8, 8.1 dan Windows 7.

Cara Menghapus Cache Windows

Lantas bagaimana cara menghapus cache windows agar laptop atau PC tidak lemot? Mudah kok. Terdapat berbagai cara membersihkan file sampah windows mulai dari menggunakan aplikasi tambahan atau tanpa aplikasi.

1. Lewat Run

Cara Menghapus Cache Windows via Run

Cara menghapus cache windows yang pertama yaitu menggunakan fitur Run. Setiap windows baik itu, 10, 8 ataupun 7 sudah dibekali fitur Run yang bisa digunakan untuk membersihkan file sementara seperti cache, cookies, hingga history di laptop atau PC kamu.

Berikut cara hapus file cache (sampah) di laptop & pc windows:

  1. Pertama, silahkan tekan tombol Windows + R secara bersamaan.
  2. Pada kotak dialog Run, ketikkan perintah %temp% lalu tekan tombol Enter.
  3. Selanjutnya, akan terlihat file dan folder sampah yang ada di Windows kamu.
  4. Kemudian, silahkan hapus semua file cache tersebut.
  5. Selesai, kamu sudah berhasil menghapus cache di laptop atau PC Windows.

Bagaimana mudah bukan? Cukup 5 langkah saja kamu bisa hapus semua file sampah yang ada di laptop atau PC Windows. Jika cara ini kurang efektif membersihkan file cache, silahkan coba cara berikut.

2. Lewat Windows Disk Cleanup

Cara Membersihkan Cache Windows Disk Cleanup

Cara membersihkan file cache selanjutnya yaitu dengan bantuan fitur Disk Cleanup. Sama seperti cara sebelumnya, kamu hanya perlu menggunakan fitur bawaan untuk menghapus cache yang ada di Windows 10, 8 dan 7.

Berikut cara menghapus cache windows tanpa aplikasi:

  1. Pertama, klik menu Start lalu ketikkan Disk Cleanup.
  2. Setelah itu, pilih partisi harddisk yang ingin kamu hapus cache lalu klik OK.
  3. Tunggu beberapa saat sampai Windows selesai mendeteksi cache di harddisk yang kamu pilih tadi.
  4. Centang semua file sampah lalu klik OK.
  5. Tunggu sampai proses pembersihan cache selesai.

Sebagai informasi, semakin banyak file cache yang ada di laptop atau PC Windows kamu, maka waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan cache juga akan semakin lama.

3. CCleaner

Cara Menghapus File Cache (Sampah) di Windows

Bagi yang ingin menghapus file cache di laptop atau PC, cara terakhir ini bisa menjadi pilihan terbaik. Melalui aplikasi CCleaner, kamu bisa membersihkan file sampah yang menumpuk di Windows 10, 8, maupun Windows 7 agar kinerja laptop atau komputer semakin cepat.

Berikut cara menghapus cache windows di aplikasi ccleaner:

  1. Pertama, silahkan unduh dan instal aplikasi CCleaner di laptop atau PC kamu.
  2. Buka aplikasi CCleaner.
  3. Pada halaman depan aplikasi CCleaner, silahkan pilih tab Easy Clean.
  4. Setelah itu, klik tombol Analyze.
  5. Tunggu sampai CCleaner selesai mendeteksi file cache Windows.
  6. Selanjutnya, klik tombol Clean All.
  7. Selesai, kamu sudah berhasil membersihkan file sampah di Windows.

Dari tiga cara di atas, saya merekomendasikan untuk membersihkan file cache di laptop atau PC Windows dengan menggunakan aplikasi CCleaner. Pasalnya, aplikasi CCleaner terbukti mampu menghapus semua file cache yang menumpuk di laptop atau PC.

Demikian informasi mengenai cara menghapus cache di laptop atau PC Windows 10, 8, dan 7. Silahkan pilih cara membersihkan file cache (sampah) yang menurut kamu paling efektif, apakah menggunakan aplikasi CCleaner atau tanpa aplikasi. Jangan lupa baca artikel mengenai komputer lainnya hanya di GadgetIn.

David

Media khusus yang membahas gadget dalam bahasa Indonesia. Mau produknya dibahas di website ini? Silakan hubungi admin@gadgetin.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *