Cara Menghapus Windows Old

Cara menghapus windows old di drive C sangat mudah, kamu bisa hapus C:\Windows.old dengan atau tanpa software via cmd di windows 10 / 8 / 7

Setelah upgrade windows, baik itu win 10, 8, 7, terkadang drive C atau penyimpanan sistem langsung penuh. Hal tersebut disebabkan karena Sistem Operasi (OS) lama masih tersimpan.

Sebagian pengguna windows biasanya mengatasi masalah tersebut dengan menghapus data dan aplikasi yang tidak penting di komputer ataupun laptop.

Cara tersebut memang sedikit membantu, namun kurang efektif. Pasalnya, penyebab utama masalah tersebut yaitu file windows lama (Windows.old) masih tersimpan di drive C.

Solusi paling efektif untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menghapus windows old. Sebelum masuk ke pembahasan, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu windows old.

Apa Itu Windows Old?

Windows Old

Windows Old adalah sebuah folder yang berisi data backup dari sistem windows lama. Umumnya, folder ini bisa digunakan untuk me-restore sistem jika dibutuhkan.

Perlu diketahui, folder ini tidak dapat ditemukan jika kita melakukan fresh install Windows. Sedangkan jika kamu pernah melakukan upgrade sistem windows, maka folder Windows.old akan muncul secara otomatis.

Meskipun berfungsi untuk sebagai backup sistem, masalah utamanya yaitu total size folder ini sangat besar dan dapat membuat penyimpanan drive C cepat penuh. Ukuran folder windows old paling sedikit 5GB, bahkan bisa mencapai 30GB.

Cara Menghapus Windows Old di Windows 10 / 8 / 7

Penghapusan folder dengan cara menekan tombol delete langsung, terkadang kurang efektif. Jadi, kita perlu melakukan langkah khusus, agar folder windows old bisa dihapus sepenuhnya.

Cara ini terbukti aman dan 100% berhasil, karena saya sudah mencobanya beberapa kali. Namun, pastikan kamu membuat Restore Point terlebih dahulu untuk jaga-jaga jika terjadi kesalahan sistem.

Cara di bawah ini berlaku untuk semua versi windows, baik itu win 8, 10, dan 7.

1. Disk Cleanup

Cara Menghapus Windows Old Windows 7

Disk Cleanup merupakan salah satu fitur bawaan windows yang berfungsi untuk membersihkan file sampah di drive komputer ataupun laptop. Selain itu, fitur ini juga bisa digunakan untuk menghapus folder windows.old di drive C dengan aman.

Berikut cara hapus windows old di windows 7:

  1. Pertama, silahkan buka file explorer di laptop atau PC kamu.
  2. Klik kanan pada drive tempat folder windows old berada, biasanya di drive C, lalu pilih opsi Properties.
  3. Setelah itu, klik tombol Disk Cleanup.
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses pengecekan selesai.
  5. Jika sudah, klik tombol Clean Up System Files.
  6. Centang opsi Previous Windows Installations lalu klik OK.
  7. Jika muncul jendela notifikasi, silahkan klik Delete Files lalu pilih Yes untuk menyetujui.
  8. Terakhir, tunggu sampai proses penghapusan selesai.

Lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menghapus folder windows old, tergantung dari seberapa besar kapasitasnya, paling cepat 10 menit.

Jika prosesnya berhasil, silahkan restart laptop atau komputer kamu. Setelah itu, cek kembali apakah windows old masih ada atau tidak di drive C. Jika cara di atas belum berhasil, silahkan ikuti langkah di bawah ini.

2. Menggunakan CMD

Cara Menghapus Windows Old di Windows 8 Lewat CMD

Command Prompt (CMD) adalah sebuah program windows yang bisa kita gunakan untuk menjalankan perintah sistem. Salah satunya yaitu untuk menghapus folder Windows Old lewat CMD.

Berikut cara hapus windows old di windows 8 dengan cmd:

  1. Pertama, tekan tombol Windows lalu ketikkan CMD pada kolom pencarian.
  2. Klik kanan pada Command Prompt lalu pilih opsi Run as Administrator.
  3. Pada halaman CMD, ketikkan perintah takeown /F C:Windows.old* /R /A lalu tekan tombol Enter pada keyboard.
  4. Setelah itu, ketikkan perintah cacls C:Windows.old*.* /T /grant administrators:F lalu tekan Enter.
  5. Jika muncul pesan konfirmasi, silahkan ketik Y lalu tekan tombol Enter lagi.
  6. Selanjutnya, ketikkan perintah rmdir /S /Q C:Windows.old lalu tekan Enter untuk menerapkannya.
  7. Tunggu sampai proses penghapus selesai.
  8. Jika sudah, silahkan restart komputer atau laptop kamu.

Bagaimana mudah bukan? Cukup 8 langkah saja kamu sudah bisa menghapus folder windows.old lewat CMD tanpa perlu menginstal aplikasi ataupun software tambahan lagi.

3. Dengan CCleaner

Cara Menghapus Windows Old Windows 10 dengan Software CCleaner

Bagi kamu yang ingin hapus folder old windows secara otomatis, maka cara ketiga ini bisa menjadi pilihan terbaik. CCleaner merupakan salah satu software pembersih gratis yang cukup populer dan terbukti ampuh.

Dengan adanya CCleaner, kita bisa menghapus semua data folder windows old di drive C secara langsung dan tentunya permanen. Cukup instal aplikasi CCleaner di laptop atau PC kamu, lalu ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Berikut cara menghapus windows old di windows 10 dengan ccleaner:

  1. Pertama, buka aplikasi CCleaner di PC atau laptop kamu.
  2. Klik menu Kemudian masuk ke menu Custom Clean.
  3. Centang opsi Old Windows Installation pada bagian Advanced.
  4. Selanjutnya, klik tombol Analyze untuk memindai.
  5. Kemudian akan muncul ukuran dari folder windows old.
  6. Klik tombol Run Cleaner lalu tunggu sampai proses penghapusan folder windows old selesai.
  7. Terakhir, silahkan restart laptop atau pc kamu.

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, menghapus folder Windows Old dengan cara biasa memang kurang efektif.

Namun, dengan cara di atas semua data dalam folder windows.old di drive C tetap bisa dihapus, baik itu di windows 10, 8 maupun 7.

Jika folder windows.old yang berfungsi sebagai backup sudah terhapus, maka kita tidak bisa mengembalikannya ke sistem lama jika terjadi error. Jadi, silahkan pertimbangkan lagi sebelum mengikuti cara di atas.

Demikian informasi mengenai cara menghapus windows old di drive C Windows 7, 8 dan 10. Silahkan pilih cara yang menurut kamu paling efektif, apakah dengan aplikasi seperti CCleaner atau tanpa aplikasi lewat cmd dan disk cleanup.

David

Media khusus yang membahas gadget dalam bahasa Indonesia. Mau produknya dibahas di website ini? Silakan hubungi admin@gadgetin.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *